Kelebihan Dan Kekurangan Baja Ringan Untuk Rangka Atap Rumah

Bahan baja ringan adalah salah satu bahan yang sangat cocok digunakan sebagai rangka atap rumah karena bahan ini memiliki ketahanan yang luar biasa jika digunakan sebagai atap. Bahan baja ringan yang digunakan sebagai bahan atap bangunan akan digunakan untuk menggantikan penggunaan kayu. Untuk mencari kayu yang tahan rayap seperti kayu jati, pastinya membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal. Hal ini merupakan kelebihan penggunaan rangka atap baja ringan dibandingkan dengan kayu karena baja ringan tidak terpengaruh serangan rayap. Oleh karena itu rangka atap baja ringan memiliki usia pakai yang cukup lama. Dalam kondisi tertentu, rangka atap baja ringan juga tidak memerlukan pemeliharaan atau perawatan yang intens.

  • beberapa manfaat didapat dari jenis rangka ini, tak lain karena tingkat kekokohan yang tinggi serta harganya yang juga lebih terjangkau dibanding dengan jenis rangka kayu.
  • Hal ini membantu untuk menciptakan struktur yang presisi saat membangun atau melakukan renovasi rumah dan bangunan.
  • Atap baja ringan ternyata memiliki karakteristik yang lebih lentur jika dibandingkan dengan jenis atap lainnya.
  • Rangka atap baja ringan dibuat untuk mempermudah perakitan dan konstruksi.

Hal ini karena baja ringan mudah kita sambung dengan berbagai jenis sambungan seperti baut, keling, atau las. Atap baja ringan menggunakan sistem berbentuk jaring untuk bisa membangun atap yang kuat dan tahan lama.

Bentukan Rangka Atap Baja Ringan Bervariasi, Bisa Dibuat Mengikuti Berbagai Design Atap

Sebab, baja ringan dipercaya lebih menguntungkan dari beberapa aspek dibandingkan dengan rangka atap kayu. Karena bobotnya yang ringan dikomparasikan kayu, beban yang mesti ditanggung oleh struktur di bawahnya menjadi lebih rendah. Hal ini paling berguna untuk bangunan yang berada di distrik rawan gempa. Pada ketika gempa terjadi, rangka atap yang ringan tidak akan menciptakan bangunan hancur sebab menahan berat atap ketika terjadi guncangan gempa. Karena sifatnya yang mampu menyerap panas dengan baik, atap galvanum ini tentu kurang cocok jika di pasang pada atap rumah yang terletak di daerah pantai. Karena dalam pemakaiannya, atap galvanum ini akan lebih cepat panas saat matahari terik. Apalagi jika iklim di daerah tempat tinggal sobat termasuk ke dalam iklim panas dan juga iklim tropis.

Namun, penggunaannya word play here tergantung merk yang Anda gunakan untuk konstruksi atapnya. Baja ringan ini kebanyaka terbentuk dari bahan dasar campuran antara seng dan alumunium. Penggunaan baja ringan word play here akhirnya mebgalami kemajuan, terutama dalam segi mutu. Sudah semakin banyak produsen Rangka atap baja ringan yang menyesuaikan pembuatan product ini dengan standar SNI. Selain material kayu, baja ringan juga kerap dibandingkan dengan baja konvensional. Jika dibandingkan dengan atap-atap rumah dari material lainnya, keunggulan atap baja ringan bisa dibilang cukup banyak. Menggunakan atap baja ringan juga mendukung program pemerintah dalam menghemat penggunaan kayu di negeri kita.

Rumah Lelang: Alternatif Solusi Bagi Para Pencari Properti

Menggunakan atap rumah tinggal berbahan baja ringan memang relatif kuat dan awet atau tahan lama. Namun, aplikasi atap baja ringan tidak disarankan bagi pemukiman di daerah yang berangin cukup kencang. Membuat atap rumah tinggal menggunakan product baja ringan tidak sesimpel itu untuk dilakukan. Untuk pemasangan, masih banyak perlengkapan lainnya yang perlu disiapkan seperti sekrup, alumunium foil, genteng steel dan lain sebagainya. Menggunakan rangka atap baja ringan bukan hanya membuatmuterhindar dari serangan rayap. Baja ringan penyusun rangka atap terbuat dari material logam yang anti karat, lho.

Kelebihan baja ringan

Pastinya baja ringan ini memiliki harga yang lebih terjangkau daripada jika menggunakan atap kayu. Keunggulan atap baja ringan dapat dibilang cukup banyak, jika dibandingkan dengan atap-atap rumah dengan memakai product lain. Memuainya rangka karena panas juga dapat menyebabkan baja melengkung dan rusak.

Manfaat Pada Baja Ringan

Pastikan kamu sudah mengetahui kisaran harga per meter persegi dari konstruksi baja ringan yang hendak digunakan. Umumnya, kisaran harga konstruksi baja ringan per meter persegi adalah Rp.150.000,- hingga Rp.250.000,-. Berbeda dengan product baja konvensional atau product kayu yang bersifat keras dan getas, yang akan langsung hancur apabila dikenai beban kejut. Konstruksi baja ringan mampu menerima kelenturan, beban kejut, dan beban geser sehingga bentuk strukturnya pun Kelebihan baja ringan bisa lebih fleksibel. Rangka atap baja ringan dibuat untuk mempermudah perakitan dan konstruksi. Meskipun tipis, material ini mempunyai derajat kekuatan tarik yang tinggi yakni sekitar 550 MPa, sedangkan baja biasa melulu sekitar 300 MPa. Kekuatan tarik dan tegangan ini dapat untuk mengkompensasi bentuknya yang tipis.

Itulah beberapa resiko atau kelemahan atap baja ringan untuk tempat tinggal. Namun, resiko atau kelemahan di atas bisa dihindari dengan membuat perencanaan yang matang dan memakai tenaga tukang berpengalaman. Tidak ada salahnya jika ingin mencoba mengaplikasikan atap baja ringan pada rumah tinggal karena juga banyak keuntungannya. Ditinjau dari segi kekuatan, atap baja ringan memang terlihat kokoh, awet dan tahan lama. Itulah mengapa banyak yang tertarik untuk beralih menggunakan atap baja ringan. Namun, dilihat dari segi estetika atau keindahan, tampilannya memang kurang indah. Hal ini terlihat dengan tampilan kaku dan banyak sekali kerangka yang digunakan.

Speak Your Mind

*